Home

Thursday, October 24, 2019

Disdikbud OI Gelar Festival Anak Sholeh


INDRALAYA, – Dinas Pendidikan dan Kabudayaan (Disdikbud) Pemkab Ogan Ilir menggelar Festival Anak Sholeh (FAS) tahun 2019 tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se Kabupaten Ogan Ilir yang berlangsung hari ini (23/10/19) pagi.

Kegiatan berlangsung di Pendopoan komplek rumah dinas Bupati Tanjung Senai Indralaya, dibuka oleh Kadisdikbud Pemkab Ogan Ilir Dr. Arianto. M.Pd.

Menurut Dr. Arianto, Festival yang digelar ini untuk mengukur dan melihat sejauh mana penerapan dan keberhasilan program satu desa satu diniyah yang selama ini menjadi salah satu program pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.

Sehingga diharapkan dengan berjalannya program pendidikan berkarakter ini, pada tahun 2024 nanti anak anak yang lulus SD minimal hafaz Al Qur’an 2 juz dan anak yang lulus SMP minimal sudah hafaz AlQur’an 4 juz dan dengan kegiatan yang digelar ini akan melahirkan generasi muda yang qur’ani dan berkarakter.

Ketua panitia Sudarta mengatakan, kegiatan ini bertujuan membentuk insan khususnya kalangan pelajar,  bentuk karakter siswa yang  berkepribadian yang kuat dan bertanggung jawab,  menanamkan nilai nilai islami, mencintai dan mengembangkan seni islami dikalangan pelajar.

“Festival anak sholeh ini melibatkan ratusan siswa SD dan SMP baik negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. Peserta juga merupakan perwakilan dari setiap kecamatan dalam Kabupaten Ogan Ilir,” kata Sudarta.

Perlombaan serupa telah dilaksanakan di Kecamatan masing masing dan pemenang atau juara I tingkat Kecamatan inilah yang ikut berlomba ditingkat Kabupaten mewakili Kecamatan masing masing.

“Peserta akan memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. Adapun jenis lombanya  untuk tingkat SMP yaitu Marawis, berzanji, pengantar dan pembacaan khutbah dan tilawah. Sementara untuk tingkat SD jenis yang diperlombakan yaitu Adzan, ayat ayat pendek, asmaul husna dan rebana. Dengan melibatkan dewan juri antara lain dari MUI, NU dan  Ponpes,” tukasnya. (Sumber : sumeks.co) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment