Home

Monday, August 26, 2019

Kebakaran Lahan di Desa Bakung Ogan Ilir, Petani Timun Ini Rugi Rp. 20 Juta

Foto : Tedi, Petani Timun di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir, saat mencoba memadamkan api di kebunnya

INDRALAYA, - Angin deras membuat asap semakin tebal, di wilayah Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir, Kamis (22/8/19). Maklum, di atas lahan gambut tersebut sudah 3 hari terjadi kebakaran lahan.

Akibatnya, asap menjadi-jadi. Meski api sudah tidak lagi timbul, namun asap masih muncul dari bawah tanah.

Pantauan di lapangan, diperkirakan puluhan hektar tanah yang mayoritas milik pribadi itu, terbakar habis. Menurut keterangan warga sekitar, Batan (37), api sudah 3 hari sebelumnya membakar habis lahan gambut di wilayah tersebut.

"Sudah 3 hari, seperti inilah. Timbul asap tak berhenti-berhenti," ujarnya saat diwawancarai.

Hal yang sama dikeluhkan oleh Tedi, petani Timun yang bercocok tanam di Desa Bakung, Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Ia mengatakan, api sudah 3 hari melalap kebun Timunnya yang sebentar lagi panen.

"Kurang lebih seperempat hektar kebun Timun yang terbakar," ujarnya saat diwawancarai.

Padahal, ia mengaku tinggal beberapa hari lagi mereka menuai hasil kebun tersebur. Sayang, mereka terpaksa mengurungkan niatnya karena kebakaran tersebut.

Akibatnya, ia menderita kerugian cukup serius karena kebakaran ini. Mulai dari hasil kebun yang seharusnya panen, kerusakan pipa penyemprot air ke tanaman-tanaman hingga pupuk tanaman tersebut.

"Rugi sekitar Rp. 20 juta pak," keluhnya.

Ia berharap, pemerintah memperhatikan nasibnya dan beberapa korban lain yang mengalami kerugian akibat kebakaran tersebut. Sebab, mereka tak bisa memanen kebun mereka saat ini karena musibah itu.

"Kami harap bantuan pemerintah, memerhatikan nasib kami," jelasnya. (Sumber : sripoku.com) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment