Home

Sunday, August 25, 2019

Satu-satunya SMK Pertanian di OI, SMKN 1 Tanjung Batu Kembangkan Produk Serba Nanas

Foto : Rapat penyusunan pengembangan SMK Pertanian

INDRALAYA, - SMKN 1 Tanjung Batu siap menghasilkan lulusan yang terampil, kreatif, inovatif, tangguh, sigap, dan berjiwaagropreneur menghadapi tuntutan dunia global yang semakin pesat.

Sebagai SMK Pertanian, di bawah kepemimpinan Zubaidah Arli Balas sebagai kepala sekolah, dan dibantu segenap dewan guru dan staf tata usaha, SMK yang terletak di Desa Bangun Jaya ini siap mengembangkan segala potensi.

Salah satunya ialah membuat produk unggulan berbahan dasar Nanas, yang merupakan buah asli dari Kecamatan Tanjung Batu.

Diungkapkan Zubaidah, pihaknya akan membuat dan mengembangkan makanan serba nanas.

Seperti selay nanas, dodol nanas, rujak nanas, jus nanas, sirup nanas, sambal masak dan mentah nanas, kue lapis nanas, saos nanas, kue gabing nanas, asinan nanas, pindang nanas dan gulai ikan nanas.

"Nanas sengaja dipilih karena merupakan buah asli dan banyak ditanam di Kecamatan Tanjung Batu. Sehingga bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat semua itu tak sulit dicari," katanya ketika dibincangi di sela-sela rapat penyusunan pengembangan SMK Pertanian, kemarin.

Dirinya berharap, sebagai mitra Laboratorium Edukasi Tani (Lareta), dan satu-satunya SMK Pertanian di Ogan Ilir, SMKN 1 Tanjung Batu mampu membentuk dan menghasilkan para wirausaha muda.

"Kita juga berharap sekolah ini semakin maju dan mampu mengharumkan nama daerah di kancah nasional, dengan produk unggulan yang kita kembangkan bersama seluruh dewan guru dan murid," harapnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut Guru Besar UGM Yogyakarta sekaligus Pembimbing Lareta, Ir. Ambar Pertiwiningrum., M.Si., Ph.D., IPM, HRD Manager PT. Arwana Citra Mulia Tbk, Ruli Sulaiman, ST, Kepala SMKN 1 Indralaya Selatan, Drs. Jon Hery., M.Pd, Kepala SMKN 1 Banyuasin, Aliyas, S. Pd., M.Si, Korluh BPP Tanjung Batu, Sumarno, SP, Kepala UPTD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tanjung Batu, Rusnedi, SP dan seluruh dewan guru SMK setempat. (Sumber : kabar28.com) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment