Home

Monday, September 9, 2019

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Panen Ikan Bersama di Indralaya


INDRALAYA, - Setiba di Desa Ulak Segelung Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Minggu (8/9/19) Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj. Febrita Lustia langsung menuju tambak ikan dalam rangka panen ikan bersama-sama (melebung).


Tak segan-segan dirinya langsung mengambil jaring ikan untuk langsung menangkap sendiri. "Saya sengaja datang kesini menyisikan waktu disela-sela kesibukan melayani masyarakat untuk datang ketitik ini", ungkapnya.

Tampak hadir juga Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Wakil Ketua TP PKK Hj. Fauziah Mawardi Yahya, dan pejabat Pemprov Sumsel beserta anak dan cucu mereka ikut melebung ikan.

Dia menilai melebung ini dimana kebiasaan masyarakat dalam menciptakan suasana silaturahmi itu dengan cara menangkap ikan. Bahwa berkumpulnya masyarakat kemudian pulangnya mereka akan mendapat ikan.

"Harapan saya kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten apalagi ini termasuk kampungnya Pak Wagub, bahwa melebung ini harus dipertahankan karena ini budaya yang diawali oleh leluhur kita, dan ini juga merupakan kearifan lokal", kata HD (sapaan akrab Herman Deru).

Tak hanya sebagai jalinan silaturahmi, menurutnya melebung ini juga menjadi mata pencarian bagi masyarakat, malahan kedepan ini bisa dijadikan untuk wisata.

Disamping itu, dengan melebung jadi menangkap ikan secara bersama-sama tanpa merusak lingkungannya, bukan meracun ataupun lainnya. Jadi ikan dibesarkan kemudian kalau sudah besar diambil dan dikomsumsi atau dijual.

"Ikan salah satu pencarian bagi masyarakat sekitar, begitu juga Dinas Perikanan Sumsel kita sedang memberikan bantuan terutamanya ilmu pengetahuan kepada kelompok-kelompok ini agar bagaimana ikan ini bisa terjaga utamanya habitatnya, karena sebagaian ikan sudah langkah", sambung HD.

Tak hanya itu, dia meminta kepada masyarakat bagaiamana membesarkan ikan ini tanpa harus tercemari makan-makanan yang mengandung bahan olahan apalagi mengadung kimia. (Foto : Humas Prov. Sumsel) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment