Home

Tuesday, September 17, 2019

Kualitas Udara Di Ogan Ilir Sudah Kurang Sehat "4000 Masker Dibagikan Gratis"


INDRALAYA, - Sebanyak 4000 masker di tiga titik yang berbeda dibagikan Dinas Kesehatan Ogan Ilir, senin (16/9). Tempat tersebut antara lain Tugu Simpang Timbangan, di depan Kantor Dishub Ogan Ilir di Jalan Lintas Indralaya - Kayuagung Km 34 dan Kebun Raya Sriwijaya di Desa Bakung, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Ogan Ilir, Sumayati mengatakan, "Bahwa pihaknya telah memantau kualitas udara di Kabupaten Ogan Ilir. Meski belum dalam taraf membahayakan namun pihaknya mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)", ucapnya.

Lanjutnya menjelaskan, "Kondisi udara sebenarnya masih sedang, belum ada peningkatan untuk mengganggu kesehatan, namun untuk antisipasi disebabkan kebakaran lahan ini terus meningkat maka untuk antisipasi bahaya ISPA kita bagikan masker", katanya.

Ia menambahkan, "Kita terus memantau memang saat ini tengah ramai terjadi kebakaran hutan utamanya di Kabupaten Ogan Ilir. Hal ini berimbas pada kualitas udara yang dapat mengganggu kesehatan. Maka terjadilah peningkatan penderita ISPA di Kabupaten Ogan Ilir, pada minggu pertama September ada 975 penderita kini bertambah hingga lebih dari 1.000 di minggu kedua September ini. Kita mengimbau pada masyarakat agar tidak beraktivitas di luar, jika tak terlalu penting. Kalau keluar, harus menggunakan masker", tegasnya.

Salah seorang warga, Haryani (23) mengaku senang mendapat masker gratis tersebut, karna menurutnya udara berkabut asap saat ini sudah cukup parah mengganggu aktivitasnya sehari-hari. "Yang jelas sudah mulai gak enak bernafas kalau keluar, jadi kalau ga penting kami malas keluar rumah."ungkapnya singkat", ujarnya. (Sumber : kritissumsel.com) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment