Home

Thursday, October 17, 2019

SP 2020 Secara Online, Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia


INDRALAYA, - Sensus Penduduk bakal digelar pada 2020 di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Ogan Ilir. Sensus yang digelar setiap 10 tahun sekali ini, untuk kali pertama akan menggunakan metode online.

Untuk itu, Rabu (16/10) pihak BPS Provinsi Sumsel mendatangi Ogan Ilir untuk melakukan sosialisasi ini yang dihadiri Sekda, pihak terkait lainnya seperti Disdukcapil, BAPEDDA dan diikuti oleh seluruh pihak OPD.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel Ir Endang Tri Wahyu Ningsi, MM mengatakan, tujuan menggelar SP 2020 ini untuk menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

"Sensus ini kita lakukan dengan metode kombinasi, sensus ini pertama dalam sejarah Indonesia. Kita melakukan metode kombinasi dimana kita menggunakan data dari Dukcapil. Data dukcapil nanti kita lakukan update melalui sensus online", ujarnya.

Untuk itu, katanya pihaknya berharap semua masyarakat untuk mendukung dan membantu dalam hal sensus online nanti pada Februari sampai Maret 2020 mendatang. "Dengan adanya sensus online nanti, kita akan menyadarkan masyarakat yang tidak tersentuh oleh petugas, maka dia bisa mengupdate dirinya sendiri", ungkapnya.

Dari Sensus 2020 nanti, dijelaskannya akan mendapatkan jumlah, kemudian distribusi, komposisi, dan karakteristik dari penduduk di Indonesia.

"Satu lagi, yang paling penting kita juga bisa mengetahui de facto dan de jure. Kalau selama ini memang data dari Dukcapil berdasarkan de jure yang mempunyai KTP, sekarang ini kita akan melakukan pemisahan antara de facto dan de jure yang benar-benar ada diwilayah tersebut", imbuhnya.

Soal solusi daerah yang sulit sinyal, dijelaskannya, bahwa bagi yang belum ada sinyal, petugas akan mendatangi secara door to door ke rumah warga pada Juli nanti. "Jadi jangan khawatir, mari kita sukseskan Sensus 2020 mencatatkan sejarah Indonesia", tukasnya.

Sementara itu, Sekda Ogan Ilir, H Herman berharap dengan adanya pendataan nanti bisa satu data di Indonesia, tidak ada perbedaan lagi sudah akurat semua. "Dengan adanya sosialisasi dan kekompakan semua pihak, insya Allah program ini bisa berjalan baik", harapnya. (Sumber : palpres.com) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment