Home

Saturday, December 21, 2019

Banyak Mahasiswa Unsri Terjangkit Hepatitis A, Dokter Curiga Kualitas Air Isi Ulang

Foto : Dokter Umum UPT Klinik Unsri, dr. Rona Lisa

INDRALAYA, - Wabah penyakit Hepatitis A menjadi momok yang menghantui mahasiswa di Universitas Sriwijaya.

Selama tiga bulan sejak Oktober sampai Desember tercatat 156 orang terjangkit hepatitis A. Kebanyakan korbannya adalah mahasiswa.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari UPT Klinik Universitas Sriwijaya, penderita Hepatitis A awalnya terseteksi pada September lalu, sebanyak 2 orang. Namun pada Bulan Oktober, terdeteksi lagi sebanyak 6 orang.

Di bulan November, ada 60 mahasiswa. Kemudian di awal Desember, tercatat sebanyak 88 mahasiswa menderita penyakit tersebut.

"Diperkirakan total saat ini terjangkit sebanyak 156 orang lebih," ujar Kepala UPT Klinik Unsri, dr. Subandrate, Rabu (18/12/19).

Rona Lisa, dokter umum UPT Klinik Unsri mengatakan, ada beberapa penyebab mahasiswa terjangkit virus Hepatitis A tersebut. Antara lain mencuci tangan tidak bersih, maupun air minum yang terkontaminasi virus tersebut.

"Ada juga yang penderita Hepatitis A, yang memilih-milih makanan disana. Kemudian memegang makanan tersebut, namun tidak membeli. Malah beli yang lain," ujarnya.

Sejauh ini, pihaknya curiga dengan air minum isi ulang atau galon yang acap kali dipakai oleh mahasiswa yang kos di sekitar kampus. Sebab, bisa saja air disana kurang bersih, sehingga menular ke mahasiswa lain.

Ia mengatakan, kebanyakan penderita berasal dari Gang Lampung, Gang Buntu dan Gang Nusantara yang mayoritas banyak kos-kosan di sana.

Meskipun bukan penyakit mematikan, ia berharap agar mahasiswa yang merasakan gejala awal penyakit Hepatitis A itu segera konsultasi ke Tenaga Kesehatan terdekat.

"Gejalanya mual, demam dengan keluhan pusing-pusing, pegal-pegal. Kemudian air seni berwarna coklat seperti teh," terangnya.

Ia juga menganjurkan untuk konsultasi dan mengecek di laboratorium jika mereka merasakan gejala tersebut. Sebab, bisa saja mereka tidak hanya menderita Hepatitis A tapi juga penyakit lain. Bisa juga Hepatitis A, bisa jadi Tipes karena mirip. Bisa juga berbarengan.

Penyakit Hepatitis tersebut, lanjutnya bisa sembuh dengan sendirinya asalkan mengikuti pola makan sehat. Mahasiswa juga bisa terhindar dari penyakit tersebut dengan beberapa tips. Tekankan untuk cuci tangan dengan bersih. Kemudian lihat kondisi makanan, harus bersih. Pastikan air minum itu bersih, kalau isi galon sebelum minum baiknya dimasak dulu. Karena virus tersebut akan mati kalau dimasak. (Sumber : tribunsumsel.com) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment