Home

Sunday, February 2, 2020

Komisi IV DPRD Ogan Ilir Awasi Kinerja Puskesmas


INDRALAYA, – Komisi IV DPRD Ogan Ilir yang diketuai Rizal Mustofa melakukan fungsi pengawasan terhadap kinerja Puskesmas sebagai salah satu mitra kerjanya, Kamis (30/1/20) siang.

Dalam menjalankan fungsi pengawasan, anggota dewan yang berjumlah 8 orang ini menyebar ke sejumlah Puskesmas di wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Anggota Komisi IV DPRD OI Basri M Zahri mengatakan, fungsi pengawasan yang dilakukan dewan ini merupakan tugas rutin yang harus dilaksanakan. Kebetulan salah satu mitra kerja Komisi IV anggota DPRD Ogan Ilir, Puskesmas.

"Salah satu yang musti diawasi dari Puskesmas ini mengenai pendistribusian obat dari Dinas Kesehatan", kata Basri yang mendapat tugas pengawasan di Puskesmas Sungai Pinang bersama rekannya Anom dan Safari.

Menurut Basri, dalam pendistribusian obat ke Puskesmas ini, pihak anggota dewan merasa perlu mengetahui perjalanan obat-obat itu setelah didistribusikan dari Dinas Kesehatan.

Selain itu, dewan juga menanyakan tentang kendala dalam pendistribusian obat itu sendiri. Kemudian juga ditanyakan masalah dana Badan Operasional Kesehatan diluncurkan setiap triwulan.

"Kita ingin tau cara penggunaannya, apakah sudah sesuai aturan atau masih ada penyimpangan", tuturnya.

Disamping itu, lanjut anggota dewan dua periode ini, Komisi IV juga menyoroti masalah honor TKS di sejumlah Puskemas di OI. Karena kabar yang beredar, honor tenaga kerja sukarela di Dinkes ini sangat tidak etis belakangan ini, hanya dibayar Rp.200.000 tiap bulan. Padahal sebelumnya di tahun 2018 mencapai Rp.500.000 tiap bulannya.

"Hal ini masih kita telusuri, kalau memang benar demikian, kenapa harus dikurangi. Kita nantinya akan mengusulkan ke Pemkab Ogan Ilir agar honor TKS Dinas Kesehatan dikembalikan semula sebesar Rp.500.000 setiap bulannya", ujarnya.

Selanjutnya, Komisi IV juga mengawasi tugas-tugas bidan desa agar tidak memungut biaya persalinan terhadap pasien yang akan melahirkan. Karena para bidan desa itu sudah diberikan hak melakukan klaim setiap membantu pasien melahirkan ke Dinas Kesehatan.

"Kepada pihak BPJS diharapkan agar bisa langsung mencairkan dana setiap ada klaim dari bidan desa tersebut", harapnya. (Sumber : koransinarpagijuara.com)

http://www.koransinarpagijuara.com/2020/01/31/komisi-iv-dprd-ogan-ilir-awasi-kinerja-puskesmas/

No comments:

Post a Comment