Home

Saturday, February 1, 2020

Warga Palemraya Keluhkan Limbah PT Sumatera Prima Fiberboard

Foto : Warga Palemraya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, mengeluhkan parahnya pengolahan limbah di PT. Sumatera Prima Fiberboard (SPF).

INDRALAYA, – Warga Palemraya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir mengeluhkan parahnya pengolahan limbah di PT. Sumatera Prima Fiberboard (SPF).

Pasalnya selama 2 bulan terakhir ini, warga selalu disuguhi limbah debu udara sisa dari cerobong asap pabrik, seperti yang dikutip dari laman sumateranews.co.id

Menurut Yasandi salah satu warga Dusun I Palemraya mengatakan, "Kebocoran dari limbah PT. SPF ini sering terjadi bukan hanya satu kali saja. Karena pihak perusahaan sangat lamban dalam mengantisipasi limbahnya berupa debu yang berterbangan menyebabkan warga merasakan gatal-gatal terutama pada saat menjemurkan pakaian yang digunakan", katanya, Jumat (31/1/20).

Ironisnya lagi disampaikan Yasandi, "PT. SPF sudah tidak lagi memberikan CSR kepada warga seperti biasanya berupa pengobatan, air bersih dan sembako hingga saat ini. Kami berharap hendaknya PT. SPF cepat tanggap dalam mengantisipasi kebocoran limbah tersebut. Jika dibiarkan terus sepeti ini kami akan laporkan ke pihak Pemerintahan Ogan Ilir", ancamnya.

Senada juga disampaikan oleh Kepala Dusun III Desa Palemraya, Pik. "Pihaknya sudah mendapatkan laporan beberapa minggu terakhir dari warga, terkait pencemaran debu hasil produksi dari PT. SPF yang terletak di pemukiman warga. Dan dampak dari pencemaran lingkungan yang menyebabkan pernafasan terganggu sampai ke pakaian setelah dijemur kemudian dipakai terasa gatal", terangnya.

Pik juga mengimbau, kepada masyarakat untuk mengantisipasi dari hal yang tidak diinginkan dari dampak limbah tersebut agar saat beraktivitas diluar rumah untuk menggunakan pelindung masker. @oganilirterkini

https://sumateranews.co.id/warga-palemraya-keluhkan-limbah-pt-sumatera-prima-fiberboard/

No comments:

Post a Comment