Home

Saturday, July 20, 2019

Burai, Tuan Rumah Bursa Inovasi Desa Tahun 2019

Foto : Kadis PMD Kabupaten Ogan Ilir Trisno Filhaq Saat Membuka Bursa Inovasi Desa

INDRALAYA, - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir menggelar Bursa inovasi Desa, yang di ikuti oleh 30 Desa dari kecamatan Tanjung Batu dan Payaraman, bertempat di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Rabu (17/7/19).

Inovasi Desa merupakan program pemerintah secara nasional dalam mengupayakan Desa untuk berinovasi penggunaan anggaran Dana Desa (DD) yang lebih bermanfaat untuk kebutuhan masyarakat Desa.

Seperti yang disampai oleh Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa ( Kadis PMD) Kabupaten Ogan Ilir Trisno Pilhaq disela kegiatan tersebut.

"Program Inovasi Desa ini merupakan suatu progaram pemerintah secara nasional, dengan adanya program ini diharapkan supaya Desa-Desa bisa berinovasi dalam membangun, tidak hanya terfokus dengan infrastruktur saja dalam pengelolaan dana Desa yang kita ketahui selama ini, dalam program ini pemerintah mengarahkan dan memberikan gambaran tentang pontensi-pontensi Desa yang dapat dijadikan inovasi untuk dikembangkan dan dibangun, setiap Kepala Desa kita bagikan tabel petunjuk berisikan menu bidang program yang diinginkan pemerintah untuk kemajuan dan mensejahterakan masyarakat Desa, sala satunya ialah inovasi pengembangan bidang kerajinan khas Desa, mengembangkan kewirausahaan masyarakat, inovasi mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa, dan lain sebagainya, tinggal pilih potensi apa yang ada Desa masing-masing yang dapat dikembangkan", Terangnya.

Semetara itu, Camat Payaraman H.A.Toriq , sangat menyambut baik dengan adanya program inovasi desa tersebut.

"Tentunya kami dari pihak pemerintah kecamatan sangat mendukung dengan adanya program tersebut, kita berharap semoga kepala desa dapat termotivasi untuk berinovasi untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa, seperti yang kita semua ketahui banyak potensi di Desa bisa dikembangkan, baik dari bidang wisata, ekonomi, kerajinan, dan lain sebagainya", Ujarnya.

Gelaran Bursa inovasi Desa tersebut dihadiri, Camat Tanjung Batu, Camat Payaraman, beberapa UPTD Ogan Ilir, Kepala Desa Se-Kecamatan Tanjung Batu dan Payaraman,  Sejumlah perangkat Desa dari kedua Kecamatan tersebut, motivator tentang program inovasi Desa, dan sejumlah tamu ungan lainnya. (Sumber : berita-one.com) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment