Home

Tuesday, September 24, 2019

Kabut Asap, Dinkes Ogan Ilir Siagakan Puskesmas dan Bidan di Tiap Desa

Foto : Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Ogan Ilir, saat memberikan masker dan obat-obatan kepada Satgas Karhutlah

INDRALAYA, - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Ilir tidak hanya memantau kesehatan masyarakat, di tengah kondisi kabut asap seperti saat ini. Tapi juga, petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah).

Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Sumayati mengatakan, pihaknya rutin mengecek kesehatan satgas Karhutlah yang turun langsung memadamkan titik api di Bumi Caram Seguguk. Mereka diperiksa secara menyeluruh, mulai dari tekanan darah hingga pernafasan.

"Kita periksa setiap hari Senin, karena hari itu mereka melakukan pergantian shift di lokasi posko Karhutlah," ujarnya saat diwawancarai, Senin (23/9/19).

Ia menambahkan, saat ini ada beberapa titik Posko Kesehatan yang ditempatkan untuk memantau kesehatan para Satgas Karhutlah tersebut. Seperti di Posko KTM Rambutan, Desa Parit dan lain-lain.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan instruksi kepada Puskesmas dan Bidan yang ada di tiap desa untuk siaga menanggapi penyakit terkait musibah kabut asap ini. Sehingga, penyakit yang timbul akibat kabut asap yang menerpa masyarakat, dapat segera ditangani secepat mungkin.

"Sudah kita berikan instruksi untuk siaga, baik di Puskesmas sampai ke Bidan untuk memberikan penanganan pertama. Karena ini hampir setiap tahun terjadi," jelasnya. (Sumber : sripoku.com) @oganilirterkini

No comments:

Post a Comment